Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MANAJEMEN KURIKULUM SE-KKM MIN MERANGIN KABUPATEN KAMPAR KEPALA MADRASAH DALAM PELAKSANA MANAJEMEN KURIKULUM DI MADRASAH IBTIDAIYAH KKM MIN MERANGIN KABUPATEN KAMPAR PELAKSANAAN MADRASAH IBTIDAIYAH

MULHAIDAR (2018) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MANAJEMEN KURIKULUM SE-KKM MIN MERANGIN KABUPATEN KAMPAR KEPALA MADRASAH DALAM PELAKSANA MANAJEMEN KURIKULUM DI MADRASAH IBTIDAIYAH KKM MIN MERANGIN KABUPATEN KAMPAR PELAKSANAAN MADRASAH IBTIDAIYAH. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 201805TMPI_COVER.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 201805TMPI_PENGESAHAN.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 201805TMPI_KATA PENGANTAR.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 201805TMPI_DAFTAR 1SI.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 201805TMPI_ABSTRAK.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 201805TMPI_BAB I.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 201805TMPI_BAB II.pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 201805TMPI_BAB III.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text
9. 201805TMPI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img]
Preview
Text
10. 201805TMPI_BAB V.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 201805TMPI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Keterlibatan masyarakat dalam manajemen kurikulum dimaksudkan agar dapat memahami, membantu, dan mengontrol implementasi kurikulum, sehingga lembaga pendidikan selain dituntut kooperatif juga mampu mandiri dalam mengidentifikasi kebutuhan kurikulum, mendesain kurikulum, mengendalikan serta melaporkan sumber dan hasil kurikulum, baik kepada masyarakat maupun pemerintah. Manajemen kurikulum adalah suatu system pengelolaan kurikulum yang kooperatif, komperhensif, sistemik, dan sistematik dalam rangka mewujudkan ketercapaian tujuan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Kepala Madrasah Terhadap Pelaksanaan Manajemen Kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah se-KKM MIN Merangin Kabupaten Kampar” Rumusan Masalah yang diajukan adalah: 1) Bagaimanakah strategi kepala madrasah terhadap pelaksanaan manajemen kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN Merangin Kabupaten Kampar? 2) Apa sajakah faktor pendukung strategi kepala madrasah terhadap pelaksanaan manajemen kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN Merangin Kabupaten Kampar? 3) Apa sajakah faktor penghambat strategi kepala madrasah terhadap pelaksanaan manajemen kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah SeKKM MIN Merangin Kabupaten Kampar? Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif, yaitu analisis dan interpretasi secara kritis. Dengan menggunakan teknik deskriptif analitis yaitu mendeskripsikan maupun mengklasifikasikan data dan kemudian disusul interpretasi terhadap hasil pemikiran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, informan penelitian ini adalah 3 orang kepala madrasah guru. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif, yaitu analisis dan interpretasi dilakukan secara kritis Hasil penelitian yang diidentifikasikan adalah; Pertama, strategi kepala madrasah terhadap pelaksanaan manajemen kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN Merangin Kabupaten Kampar, yaitu(1)Menyusun perencanaan kurikulum yang akan diajarkan oleh guru.(2) bermanfaat, (3) bersifat baru (4) memenuhi kebutuhan. Faktor yang menunjang terhadap strategi kepala madrasah terhadap manajemen kurikulum di Madarash Ibtidaiyah se-KKM MIN Merangin Kabupaten Kampar adalah a) Faktor sarana prasarana b) Faktor Leadership (kepemimpinan) c ) Faktor keteladanan dari guru Wali Kelas maupun guru mata pelajaran lain.d) Faktor masyarakat. Orang tua Madarash Ibtidaiyah se-KKM MIN Merangin Kabupaten Kampar rata-rata tertib, e)Adanya dukungan para alumni Madarash Ibtidaiyah se-KKM MIN Merangin Kabupaten Kampar. Ketiga Faktor yang Penghambat terhadap strategi kepala madrasah terhadap manajemen kurikulum di Madarash Ibtidaiyah se-KKM MIN Merangin Kabupaten Kampar adalah a) Kurangnya sosialisasi b) Terbatasnya kesempatan c) Pembiasaan terhadap anak yang sangat lemah. d) Kondisi masyarakat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 13 Jun 2019 08:11
Last Modified: 13 Jun 2019 08:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13814

Actions (login required)

View Item View Item