RISDA NURAJAWATI (2018) EFEKTIVITAS METODE TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK TK DIALUMNA ISLAMIC SCHOOL PEKANBARU CABANG SUKAJADI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018154PSI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018154PSI.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018154PSI.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_2018154PSI.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018154PSI.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018154PSI.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018154PSI.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018154PSI.pdf Download (363kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018154PSI.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018154PSI.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018154PSI.pdf Download (207kB) | Preview |
Abstract
Perilaku Prososial merupakan salah satu perilaku yang penting dimiliki anak. Salah satu metode pembentukan perilaku pada masa kanak-kanak adalah penghargaan yang mempunyai nilai edukatif. Metode token ekonomi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan sebagai upaya meningkatkan prososial anak TK. Token ekonomi berperan sebagai penguat perilaku prososial yang dimunculkan subjek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode token ekonomi efektif dalam meningkatkan prososial anak TK. Penelitian ini dilakukan pada anak TK kelompok B yaitu 5 orang. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi anecdotal record dan check-list yang terdiri dari 18 aitem. Teknik analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Penghitungan ini dilakukan dengan bantuan program SPSS 21.0 for windows. Berdasarkan analisis data penghitungan gain-score diperoleh taraf signifikansi p=0,000. Hasil penghitungan ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rerata skor yang signifikan pada saat pre-test berjumlah 3,40 dan pada saat post-test berjumlah 15,60. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat kenaikan skor sebesar 12,2 setelah pemberian metode token ekonomi. Artinya bahwa metode token ekonomi efektif untuk meningkatkan perilaku Prososial pada anak TK. Kata Kunci: Token Ekonomi, Prososial, Anak TK.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mr. Muhammad Arif |
Date Deposited: | 14 Jun 2019 02:12 |
Last Modified: | 14 Jun 2019 02:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13813 |
Actions (login required)
View Item |