Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE CERAMAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH TAUFIQ WALHIDAYAH PEKANBARU

Ridwan (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE CERAMAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH TAUFIQ WALHIDAYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018842PBA.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018842PBA.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018842PBA.pdf

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018842PBA.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018842PBA.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018842PBA.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018842PBA.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018842PBA.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018842PBA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018842PBA.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018842PBA.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dimulai pada tanggal 18 April sampai 26 mei 2018 dengan tujuan untuk menerapkan strategi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran langsung dan siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi pembelajaran langsung di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Taufiq Wal Hidayah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs dengan jumlah siswa 36 orang, yang dibagi menjadi dua lokal, yakni lokal “A” sebagai (kelas eksperimen dengan jumlah 18 orang) dan lokal “B” sebagai (kelas control dengan jumlah 18 orang) di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Taufiq Wal Hidayah Pekanbaru. Adapun objeknya adalah hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Taufiq Walhidayah Pekanbaru. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah menggunakan test dan observasi, test digunakan untuk mengukur kemampuan hasil belajar siswa, sedangkan observasi digunakan melihat kegiatan guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran langsung pada pelajaran bahasa arab. Test tersebut dilaksanakan sebelum menggunakan metode eksperimen ( metode ceramah ) dan sesudah menggunakan metode tersebut, sedangkan observasi dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung. Untuk menganalisa data, peneliti menggunakan rumus : Data analisa yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar siswa yang diajar dengan mengunakan strategi pembelajaran langsung (kelas eksperimen) dengan rata-rata=78,89 dan siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi pembelajaran langsung ( kelas control) dengan rata-rata=78,62.Melihat dari hasil perbandingan antara kelas eksperimen dan kelas control maka diketahui jumlah nilai To= 2,89 yakni lebih besar dari Tt pada taraf 5%=2,04dan pada taraf 1% =2,75 serta dilihat dari data observasi yang diketahui hasilnya mencapai 81,6% (bagus) karena pada tingkat 65% - 85%. Maka ini berarti hipotesis alternative diterima dan hipotesis nihil ditolak. Kata Kunci: Penerapan, Strategi Pembelajaran Langsung, Metode Ceramah, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 13 Jun 2019 07:30
Last Modified: 13 Jun 2019 07:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13791

Actions (login required)

View Item View Item