ELDA WANTI (2018) PENERAPAN MODEL SINEKTIK (SYNECTICS) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VD DI SEKOLAH DASAR NEGERI 028 KUBANG JAYA KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018756PGMI.pdf Download (885kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018756PGMI.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018756PGMI.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAAN_2018756PGMI.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018756PGMI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018756PGMI.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018756PGMI.pdf Download (603kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018756PGMI.pdf Download (543kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018756PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (987kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018756PGMI.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018756PGMI.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Penerapan Model pembelajaran Sinektik (Synectics) di kelas V D Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang di pengaruhi oleh kurangnya inisiatif siswa dalam mengemukakan ide dan gagasan ketika bekerjasama dalam mengerjakan tugas kelompok. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjeknya adalah guru dan siswa kelas V D Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar,sedangkan objeknya Model Sinektik (Synectics) dan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.tindakan perbaikan dalam Penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan datanya dianalisis menggunakan rumus persentase. hasil penelitian dan analisa data dapat menunjukkan bahwa penerapan Model Sinektik (Synectics) mampu meningkatkan kreativitas belajar siswa. hal tersebut tampa pada peningkatan grafik kreativitas belajar siswa yang semula hanya berada di angka 54,16% pada Pra-Siklus, meningkat menjadi 71.38 % pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 87,08% pada siklus II.dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Sinektik (Synectik) dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas VD Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Sinektik (Synectics), Kreativitas Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 29 May 2019 02:03 |
Last Modified: | 29 May 2019 02:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13471 |
Actions (login required)
View Item |