Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI BOWLING KAMPUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 030 PULAU PERMAI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

DIAN RIZKI (2018) PENERAPAN STRATEGI BOWLING KAMPUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 030 PULAU PERMAI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018702PGMI.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018702PGMI.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018702PGMI.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018702PGMI.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018702PGMI.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018702PGMI.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018702PGMI.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018702PGMI.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018702PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018702PGMI.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018702PGMI.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan Strategi Bowling Kampus di kelas V Sekolah Dasar Negeri 030 Pulau Permai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 030 Pulau Permai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Bowling kampus untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 030 Pulau Permai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini deskriftif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa dengan penerapan strategi Bowling Kampus dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh ratarata hasil belajar siswa 64,44 dengan kategori “Cukup”, dan ketuntasan klasikalnya 38,89%. Sedangkan setelah dilakukan tindakan dengan penerapan strategi Bowling Kampus pada siklus I hasil belajar terjadi peningkatan dengan rata-rata 71,38 dengan kategori “Baik” ketuntasan klasikalnya 66,67%. Sedangkan tindakan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 85,27 dengan kategori baik dan ketuntasan klasikalnya 83,33% dengan kategori “Baik”. Kata Kunci: Strategi Bowling Kampus, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 24 May 2019 07:48
Last Modified: 24 May 2019 07:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13386

Actions (login required)

View Item View Item