DONIRA SAPUTRI (2018) PENERAPAN STRATEGI KEKUATAN DUA ORANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KAMPAR KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018685PGMI.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018685PGMI.pdf Download (604kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018685PGMI.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018685PGMI.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018685PGMI.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018685PGMI.pdf Download (651kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018685PGMI.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018685PGMI.pdf Download (564kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018685PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (737kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018685PGMI.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018685PGMI.pdf Download (391kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan strategi kekutan dua orang di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kampar Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan madrasah yaitu 75. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kampar Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi kekuatan dua orang dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan dengan penerapan strategi kekuatan dua orang menunjukkan hasil belajar siswa sebelum tindakan mencapai rata-rata 69,06 dengan ketuntasan klasikal 43,75%. Kemudian setelah menerapkan strategi kekuatan dua orang pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 81,25 dengan ketuntasan klasikal 68,75%. Pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dengan rata-rata 90 dengan ketuntasan klasikal 93,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi kekuatan dua orang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kampar Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Strategi Kekuatan Dua Orang, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 24 May 2019 04:02 |
Last Modified: | 24 May 2019 04:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13361 |
Actions (login required)
View Item |