Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V SEKOLAH DASAR TARBIYAH ISLAMIYAH 030 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

ELVI RAHMI (2018) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V SEKOLAH DASAR TARBIYAH ISLAMIYAH 030 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018684PGMI.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018684PGMI.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018684PGMI.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018684PGMI.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018684PGMI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018684PGMI.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018684PGMI.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018684PGMI.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018684PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018684PGMI.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018684PGMI.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan metode kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas V Sekolah Dasar Tarbiyah Islamiyah 030 Batu Belah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa, diantaranya siswa kurang memperhatikan pembelajaran yang disampaikan oleh guru, siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, dan hanya beberapa orang siswa mengajukan pertanyaan kepada guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah metode kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan aktivitas belajar. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data,aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS Sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya 49,80% atau berada pada kategori “ Kurang”. Setelah dilakukan tindakan aktivitas belajar pada siklus I 64,58% dengan katergori “ Cukup” pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 86,46% dengan kategori “ Baik”. Kata Kunci : Aktivitas belajar, Student Teams Achieviment Division (STAD), dan Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 24 May 2019 03:58
Last Modified: 24 May 2019 03:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13360

Actions (login required)

View Item View Item