RAHMA YUNI (2018) PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 130 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018683PGMI.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018683PGMI.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018683PGMI.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018683PGMI.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018683PGMI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018683PGMI.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018683PGMI.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018683PGMI.pdf Download (475kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018683PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018683PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018683PGMI.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru dengan Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review. (SQ3R) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode survey, question, read, recite, review (sq3r) dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan metode survey, question, read, recite, review (sq3r) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hanya mencapai 44,12% atau tergolong “cukup”. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat menjadi 67,65% atau tergolong “tinggi”. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,29% atau tergolong “sangat tinggi”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode survey, question, read, recite, review (sq3r) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Kata Kunci: Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), Hasil Belajar, Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 24 May 2019 03:53 |
Last Modified: | 24 May 2019 03:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13359 |
Actions (login required)
View Item |