Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN COPING STRESS PADA PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS RAWAT INAP SIDOMULYO PEKANBARU

Siti Arumi (2018) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN COPING STRESS PADA PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS RAWAT INAP SIDOMULYO PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kasus hipertensi termasuk penyakit dengan angka kejadian yang cukup tinggi. Faktor-faktor penyebab hipertensi. Penderita hipertensi dapat diselamatkan bila lebih awal memeriksakan diri dan selanjutnya melakukan upaya untuk mengendalikannya. Penderita hipertensi perlu melakukan pemeriksaan tekanan darah rutin sedikitnya sebulan sekali, kemudian berusaha mengurangi asupan garam, lemak dan melakukan olahraga secara teratur. Untuk mencegah dan mengontrol hipertensi diperlukan dukungan sosial keluarga yang berpengaruh terhadap pemilihan coping pada penderita hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial keluarga dengan coping stress pada pasien hipertensi di Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 41 orang. Penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala coping stress oleh Lazarus dan Folkman yang dimodifikasi oleh penulis dan skala dukungan sosial keluarga berdasarkan teori House. Berdasarkan hasil analisis product moment diperoleh nilai korelasi (r) sebesar 0,790 dengan probabilitas sebesar 0,000 (≤ 0,001), artinya terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan coping stress pada penderita hipertensi di Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo Pekanbaru. Semakin tinggi dukungan sosial keluarga maka semakin tinggi pula coping stress pada penderita hipertensi. Sebaliknya, jika dukungan sosial keluarga rendah maka rendah pula coping stress pada penderita hipertensi di Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo Pekanbaru. Kata Kunci : Dukungan sosial keluarga, Coping stress, Hipertensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 150 ??
Divisions: ?? Psi ??
Depositing User: Users 6535 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 07:48
Last Modified: 23 May 2019 07:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13349

Actions (login required)

View Item View Item