PRATIWI HALIN (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018652PMT.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018652PMT.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018652PMT.pdf Download (887kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018652PMT.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018652PMT.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018652PMT.pdf Download (713kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018652PMT.pdf Download (603kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018652PMT.pdf Download (803kB) | Preview |
|
![]() |
Text
9. BAB IV_2018652PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) |
|
|
Text
10. BAB V_2018652PMT.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018652PMT.pdf Download (415kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal pada siswa SMP Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan rumus Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus uji-t (test-t) untuk mengetahui hasil penelitian dan anova dua arah untuk melihat interaksi. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa: 1) Terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, 2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa. Secara umum, model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang ditinjau dari kemampuan awal siswa SMP Pekanbaru. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Awal Matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 May 2019 02:06 |
Last Modified: | 23 May 2019 02:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13271 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |