CINDY SANDOVA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018633PMT.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018633PMT.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018633PMT.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018633PMT.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018633PMT.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018633PMT.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018633PMT.pdf Download (620kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018633PMT.pdf Download (789kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018633PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (697kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018633PMT.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018633PMT.pdf Download (470kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa kesulitan dalam mengerjakan soal-soal kemampuan berpikir kreatif matematis sehingga berdampak pada hasil belajar matematika siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 18 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Untuk melihat hasil penelitian ini, digunakan rumus uji Anova Dua arah untuk mengetahui hasil dan melihat interaksi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh 1) Nilai dan pada taraf signifikan 5%, maka atau , sehingga ditolak dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 2) nilai yang dibandingkan dengan nilai, hasilnya adalah pada taraf signifikan sehingga ditolak dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang berkemampuan awal tinggi, sedang dan rendah. 3) Nilai dan pada taraf signifikan 5%, maka atau, sehingga diterima dan ditolak. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara faktor model pembelajaran dan faktor kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kata Kunci: Group Investigation, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Kemampuan Awal Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 22 May 2019 07:06 |
Last Modified: | 22 May 2019 07:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13246 |
Actions (login required)
View Item |