NANDA ARISTA (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING (CORE) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018573PMT.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018573PMT.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018573PMT.pdf Download (759kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018573PMT.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018573PMT.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018573PMT.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018573PMT.pdf Download (632kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018573PMT.pdf Download (977kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018573PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018573PMT.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018573PMT.pdf Download (424kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan representasi matematis siswa SMP Negeri 10 Pekanbaru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran matematika yang valid, Praktis dan efektif, serta dapat memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa pada materi segiempat. Pengembangan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) mengikuti model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMP negeri 10 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.8 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) serta kelas VII.6 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Objek penelitian adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan Teknik analisis data kualitatif dan Teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis CORE yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (89,44%), sangat praktis (95,10%) untuk elompok kecil dan sangat praktis (89,73%) untuk kelompok besar. Sedangkan nilai thitng sebesar 2,03 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,66 maka thitng > ttabel atau 2,03 > 1,66 sehingga ha dierima dan h0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan yan signifikan pada kemampuan representasi matematis antara siswa yang diajar dengan bantuan LKS dan siswa yang diajar tanpa bantuan LKS. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis CORE ini telah valid, praktis, dan efektif dan dapat memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa Kata kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE), Kemampuan Representasi Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 06 May 2019 07:32 |
Last Modified: | 06 May 2019 07:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13106 |
Actions (login required)
View Item |