VRISKA WIDYAWATI (2018) PENGGUNAAN MEDIA PAPAN BERPAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 163 PEKANBARU KECAMATAN TAMPAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018572PGMI.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018572PGMI.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018572PGMI.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018572PGMI.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018572PGMI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018572PGMI.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018572PGMI.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018572PGMI.pdf Download (576kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018572PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018572PGMI.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018572PGMI.pdf Download (406kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan Media Papan Berpaku pada mata pelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru Kecamatan Tampan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penggunaan Media Papan Berpaku dan hasil belajar.Waktu penelitian ini dilaksanakan Februari-Maret 2018. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penggunaan media Papan Berpaku dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya 51,42% dengan kategori “ Kurang”. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat menjadi 71,42% dengan kategori “ Baik”. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 88,57% dengan kategori “ Amat Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Papan Berpaku dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Papan Berpaku, Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 06 May 2019 07:29 |
Last Modified: | 06 May 2019 07:29 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13105 |
Actions (login required)
View Item |