Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DI KUANTAN SINGINGI

JULIANA DARWIN (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DI KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018567PMT.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018567PMT.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018567PMT.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018567PMT.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018567PMT.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018567PMT.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018567PMT.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018567PMT.pdf

Download (719kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018567PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018567PMT.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018567PMT.pdf

Download (498kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara siswa yang belajar menggunakan Discovery Learning dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs N 2 Kuantan Singingi tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 306 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII, dengan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode Discovery Learning dan kelas VIII D sebagai kelas control dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan instrument tes kemampuan berpikir kritis matematika. Data yang didapat dilakukan analisis menggunakan rumus tes-t, dengan melalui uji persyaratan menggunakan uji chi kuadrat untuk menguji normalitas data dan uji varian untuk melihat homogenitas data. Diperolehhitung>ttabel(3,474> 2,01) dan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi disbanding kelas kontrol (78>51). Hasil uji tersebut menyimpulkan adanya perbedaan antara pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol di MTs N 2 Kuantan Singingi. Adanya perbedaan tersebut dilihat dari mean kelas eksperimen lebih tinggi dari mean kelas control yang menunjukkan bahwa penerapan metode Discovery Learning memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis MTs N 2 Kuantan Singingi. Kata Kunci: Metode Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 06 May 2019 07:05
Last Modified: 06 May 2019 07:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13100

Actions (login required)

View Item View Item