ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KOLOID DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT- OBSERVE-EXPLAIN (POE)

MERI SEPTIANI SIHITE, (2018) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KOLOID DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT- OBSERVE-EXPLAIN (POE). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018563PK.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018563PK.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018563PK.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018563PK.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018563PK.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018563PK.pdf

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018563PK.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018563PK.pdf

Download (823kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018563PK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018563PK.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018563PK.pdf

Download (625kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas dan mengetahui perbedaan kualitas kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI IPA sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE). Penelitian ini dilaksanakan pada semester dua tahun ajaran 2017/2018 di kelas XI IPA SMA Negeri 4 Pekanbaru dengan materi pokok koloid. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan desain penelitian The One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini terdiri dari 36 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi, dan wawancara untuk memperkuat data yang diperoleh. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan kualitas kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran PredictObserve-Explain (POE) dalam kategori baik. Sub kemampuan berpikir kritis siswa yang paling dominan yaitu pada sub menjawab pertanyaan klarifikasi dan menantang dengan perolehan N-Gain sebesar 0,692 (kategori sedang) serta pada sub mendeduksi dan mempertimbangkan hasil deduksi dengan perolehan N-Gain sebesar 0,690 (kategori sedang) sedangkan sub kemampuan berpikir kritis terendah terdapat pada sub mempertimbangkan apakah sumber dapat dipercaya atau tidak dengan perolehan N-Gain sebesar 0,431 (kategori sedang). Jika dilihat dari perolehan masing-masing kelompok, siswa yang berada pada kelompok tinggi memperoleh hasil yang lebih unggul dibandingkan kelompok sedang dan rendah. Kata Kunci: Predict-Observe-Explain (POE), Berpikir Kritis, Koloid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 06 May 2019 06:55
Last Modified: 06 May 2019 06:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13096

Actions (login required)

View Item View Item