Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH

DILA VETRICIA (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018553PMT.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018553PMT.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018553PMT.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018553PMT.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018553PMT.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018553PMT.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018553PMT.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018553PMT.pdf

Download (897kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018553PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018553PMT.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018553PMT.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Kemampuan representasi termasuk salah satu kemampuan matematika tingkat tinggi. Rendahnya kemampuan representasi matematis dapat diatasi melalui pemilihan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Model PBI ini diawali dengan penyajian suatu masalah yang autentik dan bermakna. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja siswa (LKS) dalam pembelajaran matematika yang valid, praktis,dan efektif, dapat memfasilitasi kemampuan representasi matematis dan berbasis Problem Based Instruction (PBI) pada materi segi empat. Metode Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru 2017/2018. Subjek penelitian adalah para ahli materi pembelajaran dan ahli teknologi pendidikan yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.C sebagai kelas kontrol serta kelas VII.A sebagai kelas eksperimen. Objek penelitian adalah LKS berbasis PBI. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (86,3%) dan sangat praktis (untuk kelompok kecil dan untuk kelompok besar). Sedangkan nilai sebesar dan nilai pada taraf signifikan sebesar maka atau, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Pengembangan LKS berbasis PBI dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis. LKS ini dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Kata Kunci: Pengembangan, Metode Research and Development (R&D), Lembar Kerja Siswa (LKS), Model Problem Based Instruction (PBI), Kemampuan Representasi Matematis, Siswa Madarsah Tsanawiyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 06 May 2019 06:21
Last Modified: 06 May 2019 06:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13083

Actions (login required)

View Item View Item