Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU

SUCI RATNA SARI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018552PMT.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018552PMT.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018552PMT.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018552PMT.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018552PMT.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018552PMT.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018552PMT.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018552PMT.pdf

Download (730kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018552PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018552PMT.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018552PMT.pdf

Download (466kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuaan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yaitu The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, terpilih kelas VII.E sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan anova dua jalan (two way anova). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa dan angket untuk mengukur tingkat kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuaan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh dengan dan taraf signifikan, maka diperoleh . Berdasarkan perhitungan, diketahui bahwa yaitu maka diterima dan ditolak. (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran menggunakan model pembelajaran ditinjau dari kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini terlihat pada hasil perhitungan uji anova dua jalan yang diperoleh dan. Hal ini berarti yaitu sehingga diterima dan ditolak. Dengan demikian, secara umum model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis yang ditinjau dari kemandirian belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Kata Kunci: Kooperatif Tipe Jigsaw, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 06 May 2019 06:17
Last Modified: 06 May 2019 06:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13082

Actions (login required)

View Item View Item