Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 PEKANBARU

NABILA (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018550PMT.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHANN_2018550PMT.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018550PMT.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018550PMT.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018550PMT.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018550PMT.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018550PMT.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018550PMT.pdf

Download (759kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018550PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018550PMT.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018550PMT.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa serta belum terlihatnya self-efficacy siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Untuk mengatasi kedua hal tersebut, maka diterapkanlah pendekatan konstruktivisme di dalam proses pembelajaran matematika, yang bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan self-efficacy matematis antara siswa kelas treatment dan siswa kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 sebagai kelas treatment dan siswa kelas X IPA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah test-t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diambil kesimpulan, yaitu: 1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan konstruktivisme dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hal ini berdasarkan pada hasil analisis test-t dimana dan maka Ha diterima dan H0 ditolak, 2) Tidak terdapat perbedaan self-efficacy matematis siswa antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan konstruktivisme dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hal ini berdasarkan pada hasil analisis test-t dimana dan maka Ha ditolak dan H0 diterima. Kata Kunci: Pendekatan Konstruktivisme, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self-Efficacy Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 06 May 2019 06:11
Last Modified: 06 May 2019 06:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13080

Actions (login required)

View Item View Item