Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO COMPACT DISK (VCD) TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI PADA MATERI TAJWID KELAS VIII SMP NEGERI 1 PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR

IRWAN SYAH PUTRA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO COMPACT DISK (VCD) TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI PADA MATERI TAJWID KELAS VIII SMP NEGERI 1 PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemikiran bahwa penggunaan Video Compact Disk (VCD) berpengaruh terhadap efektifitas pembelajaran. penggunaan Video Compact Disk di SMP Negeri 1 Perhentian Raja Kabupaten Kampar sudah dipergunakan dalam pembelajaran namun Efektifitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran Tajwid belum maksimal.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan Video Compact Disk (vcd) terhadap efektivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran tajwid kelas VIII SMP Negeri 1 Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Perhentian Raja Kabupaten Kampar dengan jumlah 124 orang dari 5 kelas. Mengingat jumlah populasi besar maka peneliti membatasi penelitian ini hanya pada dua kelas saja. Oleh sebab itu yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII1 dan VIII2 yang berjumlah 58 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga yaitu, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari teknik pengumpulan data angket, analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi dan hipotesis.Berdasarkan hasil analisis diperoleh perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai R Square adalah 88.2%. Hal ini menunjukan bahwa persentase sumbangan pengaruh antara penggunaan video compact disk pada materi tajwid terhadap efektivitas pembelajaran siswa sebesar 88.2%, sedangkan sisanya sebesar 11.8% (100%88.2%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Video Compact Disk (VCD), Efektifitas Pembelajaran, Tajwid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? sch_che ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 02 May 2019 03:13
Last Modified: 02 May 2019 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13028

Actions (login required)

View Item View Item