Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DIMADRASAH ALIYAH NEGERI 01 KAMPAR

NURIKHLAS (2018) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DIMADRASAH ALIYAH NEGERI 01 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi adalah dorongan dari dalam diri individu untuk melakukan aktivitas-aktivitas guna mencapai suatu tujuan. Sedangkan motivasi belajar adalah suatu dorongan yang timbul dari dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar dan mengarahkan aktifitas siswa untuk belajar sehingga tujuan yang dikehendaki siswa tercapai. Prestasi belajar adalah hasil suatu proses aktivitas belajar yang membawa perubahan tingkah laku pada diri siswa tersebut. Perubahan tersebut meliputi aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap, kemudian aspek-aspek tersebut dievaluasikan dan aktualisasikan dalam angka atau skor yang dapat dilihat dalam buku rapor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 01 Kampar. penelitian ini terdapat dua variabel yang diteliti. Variabel independent yaitu motivasi belajar dan variabel dependent yaitu prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sedangkan objeknya adalah hubungan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 01 Kampar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner atau angket yang bersifat tertutup dan dokumentasi sekolah. Sedangkan teknik analisis data korelasi antar variabel menggunakan teknik Product moment. Berdasarkan penelitian, penulis memperoleh kesimpulan akhir bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi mata pelajaran Fikih. Hal itu diketahui dari koefisien korelasi variabel motivasi dengan prestasi belajar Fikih sebesar 0.73 lebih besar dari pada taraf signifikan 5% 0.288 dan 1% 0.372. dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 01 Kampar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? sch_che ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 02 May 2019 02:40
Last Modified: 02 May 2019 02:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13017

Actions (login required)

View Item View Item