RIA FEBRIANA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018522PMT.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018522PMT.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018522PMT.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018522PMT.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018522PMT.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018522PMT.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018522PMT.pdf Download (681kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018522PMT.pdf Download (768kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018522PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018522PMT.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018522PMT.pdf Download (345kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan model pembelajaran kooperatif Number Head Together (NHT) dengan pendekatan inkuiri dengan siswa belajar menggunakan pembelajaran langsung, jika ditinjau dari kemandirian belajar siswa, dan ada tidaknya pengaruh interaksi penerapan model pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tambang Kampar. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling berdasarkan pertimbangan guru bahwa kemampuan dan kemandirian belajar siswa sama dan dibuktikan secara statistika. Pengujian hipotesis dengan teknik analisis data yaitu uji t dan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, data disimpulkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan Inkuiri dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, dengan rata-rata kelas eksperimen adalah 78,13 dan rata-rata kelas kontrol adalah 67,5. 2) Jika ditinjau dari kemandirian belajar siswa, tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan Inkuiri dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan konsep matematis. Kata kunci: Number Head Together, Inkuiri, Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 May 2019 02:27 |
Last Modified: | 02 May 2019 02:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13009 |
Actions (login required)
View Item |