NOVIYANTI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI (INQUIRY LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PEKANBARU DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018520PMT.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018520PMT.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018520PMT.pdf Download (595kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018520PMT.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018520PMT.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018520PMT.pdf Download (657kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018520PMT.pdf Download (592kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018520PMT.pdf Download (760kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018520PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018520PMT.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018520PMT.pdf Download (505kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal siswa sekolah menengah pertama negeri 40 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan design yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB dan VIID dan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditinjau dari kemampuan awal, teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t, korelasi (Product Moment), dan anova dua arah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Perbedaan ini diperkuat dari nilai rata-rata yang jauh berbeda, dimana nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 79,37dan nilai rata-rata kelas control yaitu 68,74. (2) Terdapat kontribusi yang diberikan kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. (3) Tidak terdapat interaksi model pembelajaran dan kemampuan awal. Dengan demikian secara umum model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap komunikasi matematis siswa sekolah menengah pertama negeri 40 Pekanbaru yang ditinjau dari kemampuan awal. Kata kunci: Pembelajaran Inkuiri, Komunikasi Matematis, Kemampuan Awal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 May 2019 02:15 |
Last Modified: | 02 May 2019 02:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13007 |
Actions (login required)
View Item |