Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII DISEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 21 PEKANBARU

INSA REZIKI HASIBUAN (2018) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII DISEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 21 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pelaksnaan model pembelajran berbasis portofolio pada mata pelajaran pendidikan agama islam siswa Kelas VIII. di dalam Model pembelajaran berbasis portofolio merupakan model pembelajaran siswa aktif, kooperatif, partisipatorik, pada proses pembelajaran dengan tujuan agar siswa mampu bertanya, mempertanyakan, mengemukakan pendapat, atau gagasan dalam membentuk dan membangun pengetahuan melalui interaksi dengan lingkungan belajar. Dengan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk mengkaji masalah ini lebih mendalam.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan model pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran pendidikan agama islam di sekolah menengah pertama negeri 21 pekan baru dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran berbasis portofolio ? Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagai mana pelaksanaan model pembelajran berbasis portofolio dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran berbasis portofolio siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah pertama Negeri 21 Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII yang berjumlah 380 orang siswa,penulis tidak mengambils ampel, semua populasi yang diteliti berjumlah 95 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket ,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Dekriptif Kualitatif dengan Porsentase, dengan rumus sebagai berikut: Dari penyajian dan analisis data penelitian yang diperoleh dari hasil wawancara ditemukan bahwa bagaimana pelaksanaan model pembelajaran berbasis portofolio dan faktor-faktor yang menpengaru pembelajaran berbasis portofolio adalah faktor keadaan siswa (internal dan eksternal), perlengkapan belajar disekolah dan lingkungan sekolah Sedangkan untuk guru PAI di peroleh dari wawancara dan data siswa diperoleh dengan menggunakan data angket dalam model pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran pendidikan agama islam, di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru berada pada kategori “BAIK”. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Portofolio

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? sch_che ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 02 May 2019 02:07
Last Modified: 02 May 2019 02:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13004

Actions (login required)

View Item View Item