Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBINAAN AKHLAK SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 PEKANBARU

MUNADZIR (2018) PEMBINAAN AKHLAK SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018514KI.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018514KI.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018514KI.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018514KI.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018514KI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018514KI.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018514KI.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018514KI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018514KI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018514KI.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018514KI.pdf

Download (381kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pembinaan akhlak siswa melalui layanan penguasaan konten di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi pembinaan akhlak siswa melalui layanan penguasaan konten di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru, subjek penelitian ini adalah guru bimbingan konseling dan siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah pembinaan akhlak siswa melalui layanan penguasaan konten di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru. Informan utama penelitian adalah tiga orang guru bimbingan konseling dan tiga orang siswa sebagai informan pendukung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bimbingan konseling di sekolah 16 pekanbaru bahwa: (1) Guru bimbingan konseling menetapkan materi yang akan disampaikan kepada siswa tentang pembinaan akhlak siswa melalui layanan penguasaan konten, (2) guru bimbingan konseling menetapkan subjek yang akan dilayani ketika ketika pembinaan akhlak siswa melalui layanan penguasaan konten, (3) guru bimbingan konseling menetapkan langkah-lankah dalam pembinaan akhlak siswa melalui layanan penguasaan konten,(4) guru bimbingan konseling mengevaluasi kegiatan layanan penguasaan konten dalam pembinaan akhlak siswa,(5) guru bimbingan konseling melakukan tindak lanjut tentang implementasi pembinaan akhlak siswa melalui layanan penguasaan konten, (6) guru bimbingan konseling menyusun laporan tentang pembinaan akhlak siswa melalui layanan penguasaan konten, (7) guru bimbingan konseling menyampaikan laporan kepada pihak-pihak terkait (khususnya kepala sekolah) sebagai penanggung jawab utama bimbingan konseling, (8) guru bimbingan mendokumentasikan hasil laporan layanan penguasaan konten dalam pembinaan akhlak siswa. Faktor yang menpengaruhi pembinaan akhlak siswa melalui layanan penguasaan konten seperti faktor internal seperti latar belakang pendidikan guru bimbingan konseling GBK1 S1 jurusan BK di Universitas Islam Negeri Riau, GBK2 S1 BK di Universitas Islam Negeri Riau, Sedangkan GBK3 S1 Psikologi Universitas Islam Negeri Riau. Dan faktor eksternal seperti saranan dan prasarana sudah memadai, waktu pelaksanaan layanan bimbingan konseling sudah terjadwal, kerja sama guru bimbingan konseling dengan pihak-pihak terkait sudah berjalan dengan baik. Kata kunci : Pembinaan Akhlak, Layanan Pengusaan Konten

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 30 Apr 2019 08:55
Last Modified: 30 Apr 2019 08:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13000

Actions (login required)

View Item View Item