Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENTAATI TATA TERTIB DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 17 PEKANBARU

AMANDA GRECELLA (2018) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENTAATI TATA TERTIB DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 17 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui upaya guru bimbingan konseling meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mentaati tata tertib di SMP Negeri 17 Pekanbaru, (2) faktor yang mempengaruhi guru bimbingan konseling meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mentaati tata tertib di SMP Negeri 17 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan konseling. Sedangkan objek penelitian ini adalah upaya guru bimbingan konseling meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mentaati tata tertib. Informan penelitian ini adalah 2 orang guru bimbingan konseling serta informan tambahan yaitu 1 orang wakil kesiswaan dan 5 orang siswa. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara terhadap guru bimbingan konseling tentang upaya guru bimbingan konseling meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mentaati tata tertib dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif yaitu memaparkan apa adanya hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya guru bimbingan konseling meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mentaati tata tertib adalah (1) Guru bimbingan konseling mengidentifikasi siswa yang melanggar disiplin. (2) Memberikan keteladanan. (3) Membangun kesepakatan nilai unggul. (4) Membuat strategi pengelolaan diri. (5) Memberikan layanan konseling serta mengevaluasi dan menindak lanjuti. (6) Memberikan sanksi. Sedangkan faktor yang mempengaruhi upaya guru bimbingan konseling meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mentaati tata tertib terdiri atas faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung diantaranya (1) Latar belakang pendidikan guru bimbingan konseling. Sedangkan faktor penghambat diantaranya (1) Sarana dan prasarana yang disediakan pihak sekolah. Kata Kunci: Guru Bimbingan Konseling, Kedisiplinan Siswa, Mentaati Tata tertib

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.4 ??
Divisions: ?? KI ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2019 08:09
Last Modified: 30 Apr 2019 08:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12985

Actions (login required)

View Item View Item