Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU

HELNI OKTAVIANI (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan komponen kemampuan pembelajaran yang harus dimiliki oleh siswa. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian dengan mengembangkan LKS untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) yang valid dan praktis serta untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 37 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-2 dan objek penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa berbasis Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS). Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara, lembar validasi, angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, Lembar Kerja Siswa berbasis Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 83,72%. Berdasarkan uji praktikalitas, Lembar Kerja Siswa berbasis Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) dinyatakan kategori praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 78,92%. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan layak dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan komunikasi matematis, Lembar Kerja Siswa berbasis Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) sudah memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 77,92% dinyatakan kategori tinggi. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS), Kemampuan Komunikasi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? sch_geo ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2019 08:45
Last Modified: 29 Apr 2019 08:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12957

Actions (login required)

View Item View Item