RINI WIJAYANTI (2018) IMPLEMENTASI KUNJUNGAN RUMAH (HOME VISIT) GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018490KI.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018490KI.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018490KI.pdf Download (910kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018490KI.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018490KI.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018490KI.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018490KI.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018490KI.pdf Download (515kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018490KI.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018490KI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018490KI.pdf Download (333kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi kunjungan rumah (home visit) guru bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi guru bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan konseling sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah Implementasi kunjungan rumah (home visit) dalam mengatasi kenakalan siswa. Informan dalam penelitian ini guru bimbingan konseling yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara narasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: implementasi kunjungan rumah (Home visit) guru bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di sekolah menengah pertama negeri 3 tambang dilaksanakan oleh 3 orang guru bimbingan konseling yang mana setiap guru bimbingan konseling mempersiapkan segala keperluan untuk melakukan kunjungan rumah mulai dari perencnaan, pelaksanaan, penilaian, evaluasi, dan tindak lanjutnya. Kegiatan kunjungan rumah yang dilakukan juga harus bekerjasam dengan pihak-pihak sekolah lainnya seperti: kepala sekolah, wali kelas, guru mata pelajaran, dan lain sebagainya. Hasil yang dicapai oleh guru bimbingan konseling dalam implementasi kunjungan rumah kurang memuaskan, terbukti ada beberapa kasus kunjungan rumah rumah yang sudah direncanakan tidak dapat terlaksana. Dalam implementasi kunjungan rumah ada beberapa faktor penghambat faktor pendukung. Faktor pendukung adanya kerjasama guru, wali kelas, dan kepala sekolah, dan pihak luar sekalipun, selain faktor pendukung di temukan juga faktor penghambat dalam implementasi kunjungan rumah seperti orang tua, siswa itu sendiri, serta waktu dan tempat. Kata Kunci: Implementasi, Kunjungan Rumah (Home Visit), Kenakalan Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 29 Apr 2019 08:21 |
Last Modified: | 29 Apr 2019 08:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12952 |
Actions (login required)
View Item |