WAHYU HIDAYAT (2018) METODE USWAH HASANAH MENURUT PERSPEKTIF ABDULLAH NASHIH ULWAN DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN AKHLAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018483PAI.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018483PAI.pdf Download (620kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018483PAI.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
4. PERHARGAAN_2018483PAI.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018483PAI.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018483PAI.pdf Download (626kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018483PAI.pdf Download (716kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018483PAI.pdf Download (406kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018483PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018483PAI.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018483PAI.pdf Download (476kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini mengupas gagasan Abdullah Nashih Ulwan tentang metode uswah hasanah dan implikasinya dalam pendidikan akhlak. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan pendekatan Analysis Content (isi), sehingga hasil penelitiannya tidak berupa angka-angka melainkan berupa interpretasi dan kata-kata. Pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik kajian literatur dengan menjadikan kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam karya Abdullah Nashih Ulwan sebagai data primer, dan literatur-literatur yang berkaitan dengan obyek penelitian ini sebagai data sekundernya. Kemudian data-data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan content anaysis yakni, dengan cara memilah-milah data yang terkumpul untuk dianalisa isinya sesuai dengan yang dibutuhkan sehingga dapat diambil suatu kesimpulan. Penelitian ini membuktikan sebagai berikut: 1) Menurut Nashih Ulwan, metode uswah hasanah merupakan metode yang digunakan dalam pendidikan dalam rangka membentuk akhlak anak dengan cara pendidik memberikan suri tauladan yang baik pada anak. Bentuk-bentuk suri tauladan yang harus dicontohkan seorang pendidik adalah kerendahan hati(ketawadu’an), keberanian, kesabaran, jujur, takwa serta ketegasan pada anak. 2) Implikasinya dalam pendidikan akhlak seorang pendidik harus memilki kharakter atau watak yang mencerminkan prilaku yang baik dalam segala aspek, terutama pada aspek ibadah dan akhlak. Pendidik harus menanamkan sikap atau suri tauladan yang baik pada anak. Kata Kunci: Metode Uswah Hasanah, Perspektif, Abdullah Nashih Ulwan, Pendidikan Akhlak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Apr 2019 08:13 |
Last Modified: | 26 Apr 2019 08:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12925 |
Actions (login required)
View Item |