Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID

TSURAYYA ZHAFIRAH (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang didapatkan dari penyebaran angket motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media lingkungan terhadap motivasi belajar siswa pada materi koloid di SMA Negeri 3 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, sehingga didapat dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media lingkungan dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen II dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen I lebih tinggi dari kelas eksperimen II yaitu 77.04 > 67.47 dengan kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung (-5.712) < ttabel (1.690) yang berarti hipotesis H0 diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media lingkungan terhadap motivasi belajar siswa pada materi koloid. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Media Lingkungan, Motivasi Belajar, Koloid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? sch_phy ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2019 08:09
Last Modified: 26 Apr 2019 08:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12923

Actions (login required)

View Item View Item