ELI FITRI YANTI (2018) PENERAPAN METODE DOLL SPEAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 028 PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018459PGMI.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018459PGMI.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018459PGMI.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018459PGMI.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018459PGMI.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018459PGMI.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018459PGMI.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018459PGMI.pdf Download (460kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018459PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018459PGMI.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018459PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode doll speak Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 028 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa di antaranya, siswa belum menunjukkan kegairahan dalam belajar cenderung diam dan tidak ada keinginan untuk bertanya, siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru, siswa kurang bersemangat, dan siswa kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah metode doll speak dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa metode doll speak dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase sebelum tindakan motivasi belajar siswa hanya mencapai rata-rata persentase 55,5%, dengan kategori “rendah”. Kemudian setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I motivasi belajar siswa mencapai 66,5%, dengan kategori “cukup tinggi”. Sedangkan pada siklus II, motivasi belajar siswa mencapai rata-rata persentase 79,62%, dengan kategori “tinggi”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode doll speak dapat meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kata Kunci : Metode Doll Speak, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Apr 2019 03:18 |
Last Modified: | 26 Apr 2019 03:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12892 |
Actions (login required)
View Item |