SILVIA PERAMITA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018454PMT.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018454PMT.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018454PMT.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018454PMT.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018454PMT.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018454PMT.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018454PMT.pdf Download (667kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018454PMT.pdf Download (676kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018454PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018454PMT.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018454PMT.pdf Download (330kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung jika ditinjau dari motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Pekanbaru dengan sampelnya adalah diambil dua kelas dari sepuluh kelas VIII SMP Negeri 13 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda dengan desain penelitian yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk hipotesis 1 dan 2, menggunakan korelasi product moment untuk hipotesis 3, serta menggunakan Uji Anova Dua Arah untuk hipotesis 4. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. Perbedaan ini diperkuat dari nilai ratarata kelas yang berbeda, dimana nilai rata-rata eksperimen lebih tinggi, dari pada nilai rata-rata kelas kontrol, yaitu 84,95 pada kelas eksperimen dan 81,73 pada kelas kontrol.; 2) Tidak terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung; 3) Terdapat kontribusi motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa; 4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Dengan demikian secara umum model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis yang ditinjau dari motivasi belajar siswa SMP Negeri 13 Pekanbaru Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Apr 2019 03:02 |
Last Modified: | 26 Apr 2019 03:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12887 |
Actions (login required)
View Item |