DIAH DWI LESTARI (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ( LKS ) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018400PMT.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018400PMT.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018400PMT.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_2018400PMT.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018400PMT.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018400PMT.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018400PMT.pdf Download (714kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018400PMT.pdf Download (786kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018400PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018400PMT.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018400PMT.pdf Download (467kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika dengan pendekatan Problem Solving yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di SMPN 8 Pekanbaru dengan subjek penelitian adalah para ahli materi dan media pembelajaran yang berasal dari kalangan dosen dan guru, serta siswa SMPN 8 Pekanbaru. Sampel penelitian adalah kelas VII 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 1 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah LKS matematika dengan pendekatan Problem Solving. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS matematika dengan pendekatan Problem Solving yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (90,32%) dan sangat praktis untuk kelompok kecill (90,55%) dan untuk kelompok besar (87,74%). Sedangkan berdasarkan hasil uji inferensial diperoleh thitung sebesar 7,625 dengan dk=58 dan taraf signifikan 5% atau 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil tes kemampuan representasi matematis antara siswa kelas eksperimen dengan rata-rata skor postes 44,43 dan siswa kelas kontrol dengan rata-rata skor postes 36,77. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika dengan pendekatan Problem Solving ini telah valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Problem Solving, Kemampuan Representasi Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 07:47 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 07:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12830 |
Actions (login required)
View Item |