REFNI AGUSTINA (2018) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING TIPE SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE) DENGAN COOPERATIF PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 11 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018388PK.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018388PK.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018388PK.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018388PK.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018388PK.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018388PK.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018388PK.pdf Download (766kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018388PK.pdf Download (602kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018388PK.pdf Restricted to Registered users only Download (896kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018388PK.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018388PK.pdf Download (394kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar kimia pada kelas yang menerapkan model Problem Solving tipe SSCS (Search, Solve, Create and Share) dan kelas yang menerapkan model Problem Solving tipe Cooperative Problem Solving pada pokok bahasan Ikatan Kimia di SMA Negeri 11 Pekanbaru. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen komparasi yaitu bentuk penelitian yang menggunakan dua kelas eksperimen perbandingan yang menentukan adanya perbandingan dua variabel, model Problem Solving tipe SSCS (Search, Solve, Create and Share) dan Cooperative Problem Solving sebagai variabel X dan hasil belajar variabel Y. Hasil belajar dapat diketahui dengan memberikan soal tes hasil belajar. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XMia2 dan kelas XMia4 yang sebelumnya telah dilakukan uji homogenitas. Selanjutnya data hasil pengamatan dan penelitian hasil belajar di uji dengan menggunakan rumus t-test komparasi. Hasil pengolahan data diperoleh thit = 0,10 ˂ ttabel1,99, ini berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara variabel X dan variabel Y pada pokok bahasan Ikatan Kimia dikelas XMia2 dan XMia4 SMA Negeri 11 Pekanbaru dengan perolehan rata-rata hasil belajar kimia siswa di kelas XMia2 sebesar 83 menggunakan model Problem Solving tipe SSCS (Search, Solve, Create and Share) sedangkan dikelas XMia4 sebesar 82 menggunakan model Problem Solving tipe Cooperative Problem Solving. Kata Kunci : Hasil Belajar, SSCS, Cooperative Problem Solving dan Ikatan Kimia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 06:31 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 06:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12818 |
Actions (login required)
View Item |