Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

DESI RATNA SARI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan pemahaman matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional jika ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kampar Kiri Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen yang bertujuan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t, korelasi (Product Moment), dan Anova dua arah. Instrument yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur tingkat pemahaman konsep, dan angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran SSCS dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 2) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol; 3) Terdapat konstribusi antara motivasi belajar dengan pemahaman konsep matematis; 4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi terhadap pemahaman konsep matematis. Dengan demikian secara umum model pembelajaran SSCS berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis yang ditinjau dari motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Kampar Kiri Tengah. Kata kunci: Search Solve Create Share, Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? sch_geo ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2019 06:27
Last Modified: 23 Apr 2019 06:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12816

Actions (login required)

View Item View Item