UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERISOLIR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU

NURHAYATUL HUSNA, (2018) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERISOLIR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018384KI.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018384KI.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018384KI.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018384KI.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018384KI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018384KI.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018384KI.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018384KI.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018384KI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018384KI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018384KI.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terisolir di SMA Negeri 7 Pekanbaru, (2) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terisolir di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan utama penelitian adalah tiga orang guru bimbingan konseling dan informan pendukungnya adalah 2 orang siswa terisolir. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data wawancara dianalisa dengan cara kualitatif kemudian disimpulkan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terisolir di SMA Negeri 7 Pekanbaru adalah (1) melaksanakan layanan bimbingan konseling terhadap siswa, khususnya siswa yang yang kepercayaan dirinya rendah disebabkan terisolir, seperti layanan konseling individual, layanan klasikal serta layanan bimbingan dan konseling kelompok, (2) melaksanakan teknik-teknik yang ada dalam bimbingan konseling yang sesuai terhadap permasalahan yang dialami siswa, (3) serta memberikan semangat dan motivasi kepada siswa. Temuan penelitian mengenai faktor-faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terisolir di SMA Negeri 7 Pekanbaru adalah (1) faktor internal seperti latar belakang pendidikan guru bimbingan konseling yang sesuai dengan bidang yang digelutinya dan pengalamannya seperti menjalin kerjasama, (2) faktor eksternal seperti fasilitas yang tersedia hanya ruangan BK walaupun tidak lengkap dan tidak ada dana khusus untuk pelaksanaan kegiatan BK. Oleh karena itu perlu adanya perhatian dari pihak sekolah terhadap pelayanan bimbingan konseling. Kata Kunci : Guru Bimbingan Konseling, Kepercayaan Diri, Siswa Terisolir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 23 Apr 2019 06:22
Last Modified: 23 Apr 2019 06:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12813

Actions (login required)

View Item View Item