SUCI YULIA RISKA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018359PMT.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018359PMT.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018359PMT.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018359PMT.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018359PMT.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018359PMT.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018359PMT.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018359PMT.pdf Download (697kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018359PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018359PMT.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018359PMT.pdf Download (342kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan dasar dalam pembelajaran matematika yang perlu dikuasai siswa sebagai bekal dalam menghadapi masalah dikehidupan sehari-hari. Oleh karena itu dilakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran scaffolding dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambangtahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 204 siswa yang terbagi dalam tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol dan VIII.2 sebagai kelas eksperimen. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi belajardan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu uji-t dan ANOVA dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran scaffolding dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran scaffolding dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensionalditinjau dari motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang. (3) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Scaffolding, Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar, Eksperimen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 03:57 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 03:57 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12787 |
Actions (login required)
View Item |