Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUHPERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN KELAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DISEKOLAH MENENGAHATAS ISLAM TERPADUAL-FITYAHPEKANBARU

NURHALIMAH TUSSAKDIAH (2018) PENGARUHPERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN KELAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DISEKOLAH MENENGAHATAS ISLAM TERPADUAL-FITYAHPEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu persepsi siswa tentang pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu AlFityah Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al-Fityah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu AlFityah Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al-Fityah Pekanbaru. Untuk populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al-Fityah Pekanbaru dengan jumlah 98 siswa, sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X dan XI yang berjumlah 70 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Dari perhitungan di atas, hasil dari rxy adalah 0,425 dan berdasarkan nilai koefisien korelasi “r” product moment taraf signifikan 5%, 0,425 lebih besar dari 0,232 dan taraf signifikan 1% maka 0,425 lebih besar dari 0, 302. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis altenatif (Ha) yang diajukan dalam penelitian ini berupa “terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al-Fityah Pekanbaru” dapat diterima dan H0 ditolak. Dan nilai rxy 0,425 berada pada tingkat interpretasi 0,400-0,700 yang berarti korelasinya sedang atau cukup. Kata kunci: Persepsi Siswa, Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? sch_che ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2019 03:12
Last Modified: 09 Apr 2019 03:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12728

Actions (login required)

View Item View Item