NURHALIMAH TUSSAKDIAH (2018) PENGARUHPERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN KELAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DISEKOLAH MENENGAHATAS ISLAM TERPADUAL-FITYAHPEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018339PAI.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018339PAI.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018339PAI.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018339PAI.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018339PAI.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018339PAI.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018339PAI.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018339PAI.pdf Download (528kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018339PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018339PAI.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR KEPUSTAKAAN_2018339PAI.pdf Download (274kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu persepsi siswa tentang pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu AlFityah Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al-Fityah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu AlFityah Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al-Fityah Pekanbaru. Untuk populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al-Fityah Pekanbaru dengan jumlah 98 siswa, sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X dan XI yang berjumlah 70 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Dari perhitungan di atas, hasil dari rxy adalah 0,425 dan berdasarkan nilai koefisien korelasi “r” product moment taraf signifikan 5%, 0,425 lebih besar dari 0,232 dan taraf signifikan 1% maka 0,425 lebih besar dari 0, 302. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis altenatif (Ha) yang diajukan dalam penelitian ini berupa “terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al-Fityah Pekanbaru” dapat diterima dan H0 ditolak. Dan nilai rxy 0,425 berada pada tingkat interpretasi 0,400-0,700 yang berarti korelasinya sedang atau cukup. Kata kunci: Persepsi Siswa, Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 03:12 |
Last Modified: | 09 Apr 2019 03:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12728 |
Actions (login required)
View Item |