SUGIATI (2018) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 AHMAD DAHLAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi manajemen bimbingan dan konseling di SMA Muhammadiyah 1 Ahmad Dahlan Pekanbaru dan (2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi guru bimbingan dan konseling dalam inmplementasi manajemen bimbingan dan konseling di SMA Muhammadiyah 1 Ahmad Dahlan Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling sedangkan objek dalam penelitian ini adalah implementasi manajemen bimbingan dan konseling. Informan dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling yang berjumlah 2 orang, kepala sekolah, wali kelas dan guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah teknik analisis interaktif model Miles dan Michael Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi manajemen bimbingan dan konseling, yaitu: (1) Guru bimbingan dan konseling melaksanakan perencanaan program bimbingan dan konseling sesuai dengan kebutuhan siswa. (2) Guru bimbingan dan konseling melaksanakan pengorganisasian meliputi pembagian petugas bimbingan dan konseling dan pelibatan stakeholder. (3) Guru bimbingan dan konseling melaksanakan pengkoordinasian melalui komunikasi kepada pihakpihak yang terkait. (4) Guru bimbingan dan konseling melaksanakan beberapa bidang bimbingan meliputi bimbingan pribadi, sosial, belajar, karier, dan kehidupan keberagamaan, jenis layanan meliputi layanan orientasi dan layanan informasi dan juga kegiatan pendukung meliputi aplikasi instrumentasi, himpunan data, alih tangan dan kunjungan rumah. (5) Kepala sekolah melaksanakan pengawasan tidak langsung kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah ini dan meminta laporan kegiatan bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru BK. Faktor pendukung dalam implementasi manajemen bimbingan dan konseling, yaitu: (1) Tersedianya sarana dan prasarana, (2) Kepala sekolah mendukung kegiatan bimbingan dan konseling. Sedangkan faktor penghambat dalam implementasi manajemen bimbingan dan konseling, yaitu: (1) Latar belakang pendidikan guru bimbingan dan konseling, (2) Pembiayaan personil atau pendanaan (3) Jumlah guru bimbingan dan konseling (4) Kerjasama antara guru bimbingan dan konseling dan personil sekolah. Kata Kunci: Implementasi, Manajemen Bimbingan dan Konseling
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | ?? 371.4 ?? |
Divisions: | ?? KI ?? |
Depositing User: | Users 14151 not found. |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 02:53 |
Last Modified: | 09 Apr 2019 02:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12723 |
Actions (login required)
View Item |