Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE BENAR SALAH BERANTAI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN FARMASI IKASARI PEKANBARU

NOPREPTI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE BENAR SALAH BERANTAI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN FARMASI IKASARI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018303PK.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018303PK.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018303PK.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018303PK.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018303PK.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018303PK.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018303PK.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018303PK.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018303PK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018303PK.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018303PK.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas X Farmasi Iksari Pekanbaru masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran benar salah berantai menggunakan macromedia flash terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X Farmasi Iksari Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitiannya pretest-postest control group design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas X6 Farmasi berjumlah (40 siswa) sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran benar salah berantai menggunakan macromedia flash, dan kelas X4 Farmasi berjumlah (39 siswa) sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hasil pengolahan data akhir menggunakan uji t pooled varians sehingga diperoleh nilai thitung = 2,95 sedangkan ttabel= 2,00 dan menunjukkan bahwa thitung> ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perolehan koefisien pengaruh sebesar 10,3%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran aktif benarsalah berantai menggunakan macromedia flash dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia pada pokok bahasan ikatan kimia di kelas X Farmasi Ikasari Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Benar Salah Berantai, Makromedia flash, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 08 Apr 2019 01:22
Last Modified: 08 Apr 2019 01:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12664

Actions (login required)

View Item View Item