Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 022 RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

ZURAIDA (2018) PENERAPAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 022 RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018273PGMI.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018273PGMI.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018273PGMI.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018273PGMI.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018273PGMI.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018273PGMI.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018273PGMI.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018273PGMI.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018273PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018273PGMI.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018273PGMI.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan media flash card di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 022 Ranah Kecamatan Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 65. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan media flash card. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa hasil belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 022 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan dengan menggunakan media pembelajaran flash card. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 65,6% dengan kategori “kurang”. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 73,85 % dengan kategori “cukup”. Pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan ketuntasan siswa mencapai 81% dengan kategori “sempurna”. Dengan demikian media flash card sudah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Kata Kunci : Media, Flash card, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 05 Apr 2019 02:25
Last Modified: 05 Apr 2019 02:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12621

Actions (login required)

View Item View Item