PUTRI RIZKI ANANDA PANE (2018) HUBUNGAN KECERDASAN SPASIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MADRASAH IBIDAIYAH NEGERI 2 AL-FAJAR KECAMATAN RUMBAI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018268PGMI.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018268PGMI.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018268PGMI.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018268PGMI.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018268PGMI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018268PGMI.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018268PGMI.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018268PGMI.pdf Download (556kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018268PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (988kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018268PGMI.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018268PGMI.pdf Download (325kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan yang signifikan antara kecerdasan spasial dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Al-Fajar Kecamatan Rumbai Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ada siswa yang kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan, kurangnya keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar, dan masih rendahnya prestasi siswa khususnya dibidang matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode korelasi, yaitu penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan dua atau lebih fakta-fakta. Populasi pada penelitian ini adalah siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Al-Fajar Pekanbaru.Pengambilan sample dilakukan dengan teknik purpose sample dengan jumlah sample 43 Orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Kecerdasan spasial dengan prestasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari rhitung> rtabel ( 0,308 < 0.408 >0,398 ).Hubungan antara kecerdasan spasial dengan prestasi belajar tersebut tergolong sedang, karena nilai koefisien korelasi kecerdasan spasial dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika adalah sebasar 0,408 terletak pada interval koefisien 0,40 – 0,599. Kata Kunci : Kecerdasan Spasial, Prestasi Belajar, Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 04 Apr 2019 05:21 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 05:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12592 |
Actions (login required)
View Item |