Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN TEKNIK KUIS TIM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU

NENGSI ANDRIYANI (2018) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK KUIS TIM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1.COVER_201867PGMI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.PENGESAHAN_201867PGMI.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.ABSTRAK_201867PGMI.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.PENGHARGAAN_201867PGMI.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.DAFTAR ISI_201867PGMI.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB I_201867PGMI.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.BAB II_201867PGMI.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.BAB III_201867PGMI.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text
9.BAB IV_201867PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img]
Preview
Text
10.BAB V_201867PGMI.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.DAFTAR PUSTAKA_201867PGMI.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan teknik kuis tim terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dikelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya ada beberapa siswa yang nilainya tidak mencapai kkm yang telah di tetapkan sekolah yaitu 75, selain itu dalam penyampaian pembelajaran guru sering menggunakan strategi ekspositori. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen dengan desainnonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru yang terdiri dari 6 kelas dan berjumlah 166 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, sampel dalam penelitian ini siswa kelas V A sebagai kelas eksperimen dan V C sebagai kelas kontrol.Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data menggunakan test “t” yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan teknik kuis tim berpengaruh terhadap hasil belajar siswapadamatapelajaran ilmu pengetahuan sosial, hal ini dapatdiketahuibahwathitung = 3,0332 dan ttabel pada taraf signifikan 5%sebesar 2,01 dengan df=50. Dengan demikian thitung >ttabel, maka diputuskan bahwa Ho ditolak danHa diterima.Besar pengaruh penerapan teknik kuis tim terhadap hasil belajar siswadi kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru adalah 16,08%. Kata Kunci : Teknik Kuis tim, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 22 Mar 2019 02:01
Last Modified: 22 Mar 2019 02:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12275

Actions (login required)

View Item View Item