PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PGRI PEKANBARU

MARYAM, (2018) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PGRI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_201847PIPS-E.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_201847PIPS-E.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_201847PIPS-E.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_201847PIPS-E.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_201847PIPS-E.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_201847PIPS-E.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II OK_201847PIPS-E.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_201847PIPS-E.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_201847PIPS-E.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_201847PIPS-E.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201847PIPS-E.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih belum maksimalnya Keterampilan berpikir kritis siswa belum maksimal, yang mana guru telah menerapkan strategi pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru ekonomi kelas X dan siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru dengan jumlah sampel sebanyak 66 siswa sedangkan guru ekonomi berjumlah 1 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi yang dianalisis dengan korelasi regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru. Hal ini dilihat dari r hitung > r tabel(0,244 <0,681>0,317). Adapun persentase sumbangan pengaruh penerapan strategi pembelajaran interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi adalah sebesar 46,4% sedangkan sisanya sebesar 53,6% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain. Kata Kunci: Strategi Interaktif, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 20 Mar 2019 08:49
Last Modified: 20 Mar 2019 08:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12226

Actions (login required)

View Item View Item