VIVI HANDAYANI (2018) PENGARUH PELAKSANAAN DISIPLIN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_201833PAI.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_201833PAI.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_201833PAI.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_201833PAI.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_201833PAI.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201833PAI.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201833PAI.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_201833PAI.pdf Download (625kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_201833PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_201833PAI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201833PAI.pdf Download (255kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan pelaksanaan disiplin sekolah dan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan disiplin sekolah terhadap motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menegah Atas Negeri 7 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah siswa sedangkan objek penelitian adalah pengaruh pelaksanaan disiplin sekolah terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Pekanbaru. Populasi berjumlah 709 orang siswa oleh karena objek terlalu besar maka diadakan penarikan sampel 10% dengan jumlah 70 orang siswa. Penarikan sampel dengan teknik stratified random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan disiplin sekolah sebagai variable bebas (X) dan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai variabel terikat (Y). Untuk mengumpulkan data pelaksanaan disiplin sekolah dan motivasi belajar siswa penulis menggunakan angket. Dalam penelitian ini data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase dan teknik korelasi product moment. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) Disiplin sekolah diperoleh angka sebesar 92,08% atau kepada kategori sangat tinggi. 2) Motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam diperoleh angka sebesar 90,07% atau pada kategori sangat tinggi. 3) Ada pengaruh signifikan pelaksanaan disiplin sekolah terhadap motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 0,464 disini rhitung 0,232<0,464>0,303 r tabel pada taraf 5% maupun pada taraf 1%. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan disiplin sekolah terhadap motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Pekanbaru diterima. Ini berarti bahwa semakin tinggi pelaksanaan disiplin sekolah maka semakin tinggi motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Pekanbaru, sebaliknya semakin rendah pelaksanaan disiplin sekolah maka semakin rendah motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 19 Mar 2019 06:45 |
Last Modified: | 19 Mar 2019 06:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12186 |
Actions (login required)
View Item |