SALAMAH AGUSTINA, - (2023) PENERAPAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 036 KARYA INDAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Salamah Agustina, (2023) : Penerapan Strategi Pembelajaran Group to Group Exchange untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 036 Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan strategi pembelajaran Group to Group Exchange di kelas V Sekolah Dasar Negeri 036 Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 35 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 036 Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Group to Group Exchange dan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan strategi Group to Group Exchange dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, sebelum tindakan perbaikan dilakukan nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa anya 54,14 atau berada pada kategori Kurang Tinggi. Kemudian setelah strategi Group to Group Exchange diterapkan, pada siklus I rata-ratanya naik menjadi 65,11 atau berada pada kategori Cukup Tinggi. Pada siklus II rata-rata keterampilan berbicara siswa mencapai 72,23 atau berada pada kategori Tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Group to Group Exchange dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 036 Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Group to Group Exchange, Keterampilan Berbicara
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 04:31 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 04:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74959 |
Actions (login required)
View Item |