Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU

DINDA FADILAH UMI, - (2023) PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dinda Fadilah Umi, (2023): Pengaruh Kebiasaan Membaca Al-Qur’an terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh yang signifikan kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Objeknya adalah kebiasaan membaca al-qur’an terhadap pemahaman siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru yang berjumlah 218. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 55 orang. Teknik pengambilan sampel data menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan kolerasi product moment dengan bantuan SPSS ver. 23 for windows. Berdasarkan pengolahan data terdapat pengaruh yang signifikan, dengan perolehan indeks 0.466 pada taraf signifikan 5% = 0.265 maupun pada taraf signifikan 1% = 0.224. Ini berarti r hitung lebih besar dari r tabel yang dapat digambarkan sebagai berikut 0.265 < 0.466 > 0.224. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan kebiasaan membaca al-qur’an terhadap pemahaman siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Kata Kunci: Kebiasaan Membaca Al-Qur’an, Pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:27
Last Modified: 25 Jul 2023 04:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74818

Actions (login required)

View Item View Item