UMMI SOLEHA, - (2023) ANALISIS CUSTOMER LIFETIME VALUE BERDASARKAN PRODUK MENGGUNAKAN MODEL RFM/P DAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (File Lengkap Tanpa BAB IV)
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (680kB) |
Abstract
Perusahaan 212 Mart merupakan perusahaan retail brand berlandaskan koperasi syariah yang telah menerapkan beberapa strategi dalam mempertahankan pelanggan, salah satunya dengan cara menentukan segmen pelanggan berdasarkan RFM. Namun masih terdapat kekurangan pada perusahaan karena hanya melihat dari perspektif pelanggan dengan jumlah transaksi terbanyak atau jumlah uang yang dikeluarkan serta tidak melihat dari perspektif produk. Sedangkan setiap pelanggan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dilihat dari transaksi kategori produk yang dibeli. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Model Customer Lifetime Value dalam menentukan segmentasi pelanggan berdasarkan RFM/P menggunakan Algoritma Clustering Fuzzy C-Means. Validitas yang digunakan untuk menguji hasil clustering adalah Davies Bouldin Index. Terdapat 3 cluster pelanggan perproduk yang dianalisis berdasarkan karakteristik segmen. Hasil analisis segmentasi pelanggan menunjukkan 5 segmen, pelanggan terbaik dari 7 kategori produk dengan segmen Superstar Customer terdapat pada kategori Body Care dan Clothing Care.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 03:37 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 03:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74748 |
Actions (login required)
View Item |