SEFTYANINGSIH NURUL KHOTIMAH, - (2023) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU MALADAPTIF SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RUMBIO JAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI SEFTYANINGSIH NURUL KHOTIMAH.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (746kB) |
Abstract
ABSTRAK Seftyaningsih Nurul Khotimah (2023) : Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Perilaku Maladaptif Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rumbio Jaya Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui: (1) Peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi perilaku maladaptif siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rumbio Jaya (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat guru bimbingan konseling dala mengatasi perilaku maladaptif siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rumbio Jaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan utama dalam penelitian adalah 1 orang guru bimbingan konseling sedangkan informan pendukung dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa yang berperilaku maladaptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dari hasil penelitian ini dilakukan berdasarkan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi perilaku maladaptif siswa yaitu: (a)Memanggil siswa untuk melakukan konseling individual terhadap siswa yang berperilaku maladaptif, (b) Memotivasi siswa untuk berperilaku baik, sopan, santun atau perilaku adaptif agar disegani banyak orang (c) Memotivasi siswa untuk semangat belajar, memperhatikan guru, tidak keluar masuk jam pelajaran, tidak cabut dari jam pelajaran dan tidak melawan guru, tidak membolos serta tidak membully sesama teman dan mengganggu teman-temannya (d) Memberikan pemahaman informasi cara untuk menyesuaikan diri dengan baik agar tidak terjadi perilaku maladaptif (e) Bekerjasama dengan siswa tersebut agar ia senantiasa tidak lupa dengan kewajibannya sebagai siswa dan selalu berperilaku baik (f) Memfasilitasi siswa serta memberikan solusi kepada siswa dan juga sebagai guru bimbingan konseling harus berkolaborasi dan bekerjasama dengan guru wali kelas dan guru mata pelajaran untuk memberikan motivasi kepada siswa untuk mengatasi perilaku maladaptif ini (2) Faktor pendukung dan penghambat nya yaitu: (a) Faktor pendukung, yaitu: Siswa memiliki niat dan keinginan untuk berubah lebih baik dari sebelumnya ke arah yang lebih baik, teman sebaya yang ikut berpartisipasi dalam membantu siswa yang berperilaku maladaptif menjadi berperilaku adaptif juga wali kelas dan guru mata pelajaran ikut berpartisipasi dam memotivasi siswa yang berperilaku maladaptif untuk dapat berubah menjadi ssiwa yang berperilaku adaptif (b) Faktor penghambatnya, yaitu tidak adanya keinginan atau kesadaran dari diri siswa untuk berubah, guru bimbingan konseling sulit melakukan komukiasi di luar jam tatap muka sekolah dengan siswa saat siswa bermasalah dan sebagian orang tua kurang mendukung dan perhatian terhadap perilaku siswa. Kata Kunci : Peran Guru Bimbingan Konseling, Perilaku Maladaptif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 04:24 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 04:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74675 |
Actions (login required)
View Item |