Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 9 PEKANBARU

KHAIRANI FAHRIZA, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 9 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Khairani Fahriza (2023) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Self Directed Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 9 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dan guru masih menggunakan metode ceramah, pembelajaran yang masih berfokus kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran self directed learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X yang mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Pekanbaru yang berjumlah 342 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian siswa kelas X IPA-8 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA-1 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan model pembelajaran self directed learning dengan metode ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Pekanbaru. Dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5% (2,441>1,671) dan perhitungan nilai sig (2-tailed) < α (0,018 < 0,05). Hal ini berarti ada pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran Self direcred learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Pekanbaru. Hasil Mean Skor kelas eksperimen sebesar 79,67, lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 71,00. Kata Kunci : Model Pembelajaran Self Directed Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:14
Last Modified: 21 Jul 2023 02:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74098

Actions (login required)

View Item View Item